Japanese Songs, Lyrics, and All About Japan

Selasa, 19 September 2017

7 Penemuan di Jepang yang Telah Mengubah Dunia

| Selasa, 19 September 2017

7 Penemuan di Jepang yang Telah Mengubah Dunia yang kebanyakan mereka sering pakai hingga kini. Jepang sendiri adalah negara modern dan salah satu negara teratas yang memproduksi utamanya yakni dari elektronik. Mereka juga dikenal dengan penemuan-penemuan mereka yang unik dan aneh namun dapat memecahkan masalah yang paling manusiawi sekalipun. 

Namun, tahukah anda beberapa penemuan terbesar yang telah mengubah dunia berasal dari Jepang? Berikut kali ini JapanDaisukiii akan memberikan daftar 7 penemuan di Jepang yang telah mengubah dunia.

 

 

1.   Digital Camera (Kamera Digital)

Mavica Mockup 1981

 Jepang adalah negara pertama yang mengubah cara memotret yang lebih simpel dan berkualitas yakni dengan menemukan kamera digital pertama di dunia, pada tahun 1981 oleh salah satu perusahaan elektronik ternama di Jepang yakni 'Sony'. Sejak saat itu, banyak kalangan muda maupun tua yang memakai kamera digital ini, di karenakan mudahnya untuk memotret sesuatu, dan bisa di simpan dan di lihat hasilnya tanpa perlu harus di cetak dahulu.



2.   Walkman (1979)

Mungkin kebanyakan kalian berpikir kalau penemuan pertama pemutar musik portable yakni berasal dari iPod. Memang benar kalau saat itu tahun 2001, ketika produk Apple memasuki pasar, yakni iPod memudahkan kita mendengarkan musik dimana saja dan kapan saja tanpa ribet. Namun tahukah kalian sejarah awalnya ?

Yap semua itu berawal dari penemuan pertama pada tahun 1970 'Walkman' yang di temukan oleh perusahaan asal Jepang yakni Sony. Tahukah kalian kalau sebelum Walkman muncul, satu-satunya cara untuk mendengarkan musik saat bepergian adalah dengan menggunakan radio portabel. Namun, pada akhir 1970-an, Sony memproduksi pemutar musik portabel pertama. Sebelum iPod, Walkman Sony sukses besar pada tahun 1979. Kalian hanya perlu membawa kaset  untuk memainkan lagu favorit Anda kedalam Walkman. 

Itulah awal mulanya penemuan pertama pemutar musik portable, namun sekarang kita sudah jarang memakai pemutar musk portable, dikarenakan semua sudah ada dalam satu gadget yakni 'SmartPhone'

 

3.   Instant Noodles / Mie Instan Cup

 

  Siapa yang tidak tahu dengan yang satu ini? Mie instant cup yang super praktis dan hemat serta bikin kenyang dan mudah untuk membuatnya. Di Zaman sekarang ini, semua harus bisa serba praktis, karena semua konsumen menginginkan sesuatu yang mudah dan praktis dan bisa di gunakan ataupun di pakai kapan pun mereka mau. Mungkin di negara kita sudah terkenal dengan makanan 'mie' sejak dahulu, atau di negara lain juga sudah mengenal yang namanya mie. Namun apakah kalian tahu sejarah pertama mie instant Cup yang super praktis ini?

Mereka berawal dari Jepang. Penemuan yang satu ini, di temukan oleh 'Momofuku Ando' pada tahun 1958 dan berhasil menciptakan sebuah mie instan cup yang super praktis dan dapat di bawa kemana saja dan dapat di makan kapan saja. 

Berkat penemuan yang satu ini, kita tidak perlu lagi repot-repot membawa panci, gas, minyak tanah, dan sebagainya bila lapar dan ingin makan mie instan. Karena sekarang sudah ada yg lebih simpel yakni mie instan Cup yang cukup di tuangkan air panas saja, dan langsung jadi. 

 

4.   Electric Rice Cooker 

  di zaman sekarang memasak nasipun sangat mudah dan cepat, mungkin hanya di perlukan waktu beberapa menit. Semua itu berkat adanya penemuan penanak nasi listrik pertama pada tahun 1940 oleh perusahaan di Jepang beranama 'Mitsubishi Electric'. 

Lagi-lagi Penemuan hebat  dan praktis ini yang telah mengubah dunia, di temukan oleh para penemu hebat di Jepang. Seperti kalian ketahui, pada zaman dahulu, memasak nasi tidaklah semudah sekarang. Sangat sulit, dan memerlukan waktu yang lama. 

Bagaimana tidak, sebelum penemuan Jepang yang mengagumkan ini lahir, koki terampil harus mengukus makanan pokok yang berharga di atas kompor, berharap butiran nasinya tidak terbakar atau menempel pada potnya. Dan selalu mengecek beberapa kali dan mengaduknya agar tidak gosong nasinya. Namun sekarang ini berkat penemuan awal Electric Rice Cooker, semua jadi mudah. Tidak hanya itu, alat tersebut juga bisa digunakan untuk mengkukus, dan lain-lain. 


5.  CDs/DVDs/Blu-Ray Disks

 Alat yang satu ini sering di gunakan untuk menyimpan berbagai file dan data dalam sebuah kepingan kaca berbentuk bulat. Sebelum kita menggunakan alat tersebut, dahulu kita masih menggunakan floppy disk dan itu memiliki keterbatasan ruang (space). Namun setelah ditemukan penemuan ini, menyimpan sebuah data menjadi mudah, dan tidak perlu khawatir akan ruang (space) yang di perlukan. 


 CD dan DVD adalah cara yang paling populer untuk menyimpan media. Sony, bersama Phillips, adalah orang pertama yang memproduksi CD pertama di dunia pada tahun 1990. Sedangkan penemuan DVD pada tahun 1995 itu merupakan kolaborasi antara Sony, Toshiba, dan Panasonic. Disk Blu-ray, yang sekarang bisa menyimpan file yang lebih besar, dibuat dari penemuan dioda blu-ray oleh Shuji Nakamura. Bahkan Jepang juga merupakan yang merilis VHS, Betamax (1975), dan bahkan Flash Memory. 



6. 
Laptop / Komputer berukuran Notebook

The Epson HX-20

Kalian pastinya tau dong kegunaan laptop itu sendiri, apalagi di zaman sekarang laptop semakin tipis dan ramping dan semakin bagus perfomanya. Namun apakah kalian tahu bentuk dan asal mulanya Laptop dari mana???

Perkenalkan komputer/laptop berukuran notebook pertama di dunia Epson HX-20 yang di ciptakan oleh  Yukumi Yokozawa, Suwa Seikosha  oleh perusahaan Seiko Epson pada bulan Juli tahun 1980. diperkenalkan di pameran komputer COMDEX di Las Vegas oleh perusahaan Jepang Seiko Epson pada tahun 1981, dan dirilis secara luas pada tahun 1982.Layarnya memiliki layar LCD, baterai isi ulang, dan printer ukuran kalkulator, dengan sasis 1,6 kg (3,5 lb), ukuran notebook A4. 

Setelah di temukannya komputer pertama berukuran notebook tersebut oleh Yukumi Yokozawa, perubahan laptop sendiri semakin lama semakin membaik dan canggih, dan terus berkembang seiring pergantian tahun oleh para developer perusahaan-perusahaan elektronik ternama baik dari Jepang, maupun negara-negara lainnya.

 

 

7.   Karaoke

  

 Kalian pasti sangat mengenal baik dengan yang satu ini, karaoke itu sendiri telah populer di dunia sebagai cara mengapresiasikan kegemaran kita dalam bernyanyi, terutama bagi yang suka bernyanyi di depan teman-teman, sahabat, pacar, atau di depan umum. Namun tahukah kalian awal mulanya Karaoke itu sendiri?


Karaoke berasal dari bahasa Jepang (カラオケ) yang merupakan kata majemuk dari "kara" (空) yang berarti "kosong" (seperti dalam karate) dan "oke" yang merupakan bentuk pendek dari "orkestra". Itu lah awal mulanya kata Karaoke berasal. Serta mesin karaoke pertama ditemukan di Jepang pada tahun 1971, oleh seorang drummer bernama Daisuke Inoue, yang memasang tape player ke amplifier. Hal itu terjadi setelah seorang pengusaha meminta Inoue untuk merekam rekaman lagu favoritnya sehingga dia bisa bernyanyi untuk mereka. 

Yap karaoke berasal dari Jepang dan penemunya adalah Daisuke Inoue. Berkat Daisuke Inoue inilah, kebudayaan menyanyi di depan orang, layaknya seorang penyanyi yang bernyanyi di atas panggung, bukan lagi sebuah mimpi. Dengan adanya karaoke tersebut pula, kebudayaan baru pun muncul di belahan dunia. 



__________________________________

Berikut adalah beberapa Penemuan di Jepang yang Telah Mengubah Dunia, namun ada begitu banyak pula penemuan-penemuan yang berasal dari Jepang yg menjadi bagian dalam perubahan-perubahan dunia, seperti Video Kamera, Blue LED Light, Game Consoles, Bullet Train, Android Robots dan lain-lain. Tapi JapanDaisukiii kali ini hanya bisa memberikan 7 daftar saja yang menurut admin paling berpengaruh dalam mengubah perubahan di dunia.
Namun di ingatkan kembali, tidak hanya dari Jepang saja, namun beberapa negara modern terkenal lainnya seperti Jerman, USA, dan lain-lain, telah menemukan beberapa penemuan yang mengubah perubahan di dunia juga.


Jika kalian suka dengan tulisan di blog ini, kalian bisa share tulisan ini ke teman-teman kalian dan jika ingin tahu updatean terbaru dari JapanDaisukiii kalian bisa terus menfollow blog ini. Dan jika kalian ingin menambahkan, silahkan berikan komentar kalian di kolom komentar. Terima kasih :)

 

 

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar